Inovasi Sistem Informasi dan New Technology


         Di tengah persaingan global yang semakin ketat ini, inovasi adalah salah satu kunci untuk menciptakan keunggulan (competitive advantage) baik bagi tiap individu maupun bagi sebuah negara. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, inovasi merupakan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Inovasi biasanya berisi tentang terobosan baru mengenai sebuah hal yang diteliti oleh sang inovator.


        Inovasi tidak dibatasi dari mana dan dalam sisi organisasi mana inovasi mengambil bagian, termasuk dalam bidang sistem informasi di perusahaan. Swanson (1994) mengembangkan konsep untuk membedakan teori inovasi sistem informasi dari teori inovasi organisasional. Dia mengakui bahwa inovator sering diasumsikan memotivasi perilaku meniru orang lain. Saluran komunikasi adalah perhatian utama untuk proses adopsi, dan Swanson berpendapat bahwa saluran ini secara signifikan dibedakan menurut IS jenis inovasi. 

https: img.okeinfo.net content 2017 08 19 207 1758951 kominfo-manfaatkan-ajang-asian-games-2018-untuk-uji-coba-5g-benarkah-BLvcDGlTf9.jpg    Lyytinen/Rose (2003) lebih lanjut mendefinisikan efek dari disruptive IT innovation mencakup layanan baru, dan jenis baru dari proses pembangunan. Menurut Lyytinen dan Rose, paket jaringan telekomunikasi di tahun 1990-an merupakan inovasi dasar IT yang mendorong inovasi berikutnya dalam pengembangan layanan sistem. Saat ini jaringan telekomunikasi sudah mencapai 5G, yang dipastikan lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 4G . Jaringan 5G ini diperkirakan dapat dihadirkan di seluruh dunia pada tahun 2020.

      Terdapat tiga pandangan kontekstual terhadap inovasi, yaitu konteks ekonomi, organisasional, dan jaringan. Ketiga pandangan tersebut menyimpulkan bahwa inovasi:
  • Dengan membuat model bisnis lebih ter fokus dan atraktif.
  • Membuat organisasi lebih adaptif dalam menghadapi tantangan dan kemajuan zaman.
  • Membuka peluang dalam memperluas jaringan dan saling bertukar informasi serta menerapkan konsep open innovation di mana pada konsep ini memungkinkan inovasi dalam organisasi berasal tidak hanya dari internal namun juga dari eksternal perusahaan, seperti pelanggan, rekan bisnis, bahkan kompetitior.
         
          Selain itu inovasi mempunyai empat ciri, antara lain:
  • Khas ⇒ suatu inovasi memiliki ciri yang khas dalam arti ide, program, tatanan, sistem, termasuk kemungkinan hasil yang diharapkan.
  • Kebaruan ⇒ dalam arti suatu inovasi harus memiliki karakteristik sebagai sebuah karya dan buah pemikiran yang memiliki kada Orsinalitas dan kebaruan.
  • Terencana ⇒ program inovasi dilaksanakan melalui program yang terencana, dalam arti bahwa suatu inovasi dilakukan melalui suatu proses yang tidak tergesa-gesa, namun inovasi dipersiapkan secara matang dengan program yang lebih jelas dan direncanakan terlebih dahulu.
  • Memiliki tujuan ⇒ inovasi yang digulirkan memiliki tujuan, program inovasi yang dilakukan harus memiliki arah yang ingin dicapai, termasuk arah strategi untuk mencapai tujuan tersebut.
       Teknologi Informasi (TI) atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Information Technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.


Contoh Inovasi Sistem Informasi dan New Technology

1. Televisi (TV)
 
Televisi - Sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun yang berwarna. Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele (jauh) dari bahasa Yunani dan visio (penglihatan) dari bahasa Latin, sehingga dapat diartikan: "alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual".


2. Sosial Media

Sosial Media - Sosial media sekarang ini penuh inovasi setiap tahunnya, mulai dari Friendster, Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, Path, dan lain sebagainya. Dari awalnya hanya update status, sekarang semua bisa diupdate melalui sosial media, seperti halnya video, foto, bahkan tag lokasi.






3. Teknologi Robot

Teknologi Robot - Perkembangan robot saat ini sungguh luar biasa. Beberapa robot digunakan untuk membantu perusahaan membuat mobil. Bahkan ada robot yang dibuat mirip dengan manusia yang disebut Humanoid.







Referensi:
             

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perkembangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Analisis SWOT

Layanan Operasi dan Pegelolaan Layanan Bisnis