Sejarah Perkembangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Sistem informasi menurut Gordon B. Davis  ialah suatu sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya. Sedangkan teknologi informasi menurut Kenneth C.Loudon, adalah salah satu alat yang digunakan oleh para manajer untuk mengatasi perubahan (perubahan informasi yang telah diolah dan dibuat sebelumnya dalam penyimpanan komputer) yang terjadi. Jadi, teknologi memanfaatkan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

Dengan berkembangnya zaman, teknologi informasi yang merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). terus menawarkan berbagai konten yang berupa elektronik yang dapat dipergunakan di perangkat smartphone dan komputer seperti e-government, e-commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dll.

Dari beberapa literatur, sejarah perkembangan teknologi informasi dapat dibagi ke dalam 4 (empat) era yaitu era pra-mekanis, era mekanis, era elektromekanis, dan era elektronik. Beberapa era diantaranya masih memberikan pengaruhnya kepada kehidupan manusia hingga kini. Berikut adalah perjalanan sejarah perkembangan teknologi informasi selengkapnya.

1. Era Pra-Mekanik

Era pra-mekanis merupakan era dimana manusia pertama kali mulai berkomunikasi dengan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi atau gambar di dinding goa. Sejarah perkembangan teknologi informasi pada era pra-mekanis berlangsung antara tahun 3000 SM hingga 1450 M. Pada tahun 3000 SM, Bangsa Sumeria di Mesopotamia telah mengembangkan tulisan pertama. Sebelum tulisan ditemukan, bangsa Sumeria berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang mereka catat dengan menggunakan gambar sederhana. Mereka menulis di atas lempengan tanah liat dan kemudian mengembangkan naskah yang kita kenal sebagai runcing atau berbentuk baji.

Kemudian, sekitar tahun 2600 SM, bangsa Mesir kuno mulai menulis pada daun papirus. Bangsa Mesir Kuno juga merupakan bangsa yang pertama kali menemukan sistem angka. Selanjutnya, sekitar tahun 2000 SM, bangsa Fenesia yang menempati sepanjang pantai Laut Mediterania menciptakan berbagai simbol-simbol. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan. Bangsa Romawi Kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini menjadi alfabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari papirus yang dilekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa Mesir Kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang disebut abakus.

2.  Era Mekanik

Era mekanis pada perkembangan teknologi informasi berlangsung antara tahun 1450-1840. Era mekanis adalah era di mana ledakan informasi terjadi untuk pertama kalinya. Hal ini ditandai dengan ditemukannya mesin cetak oleh Johann Gutenberg dan perkembangan buku. Berbagai teknologi baru lain yang juga dikembangkan pada era mekanis adalah komputer, Pascaline, yaitu komputer mekanis yang sangat terkenal yang ditemukan oleh Blaise Pascal, dan juga kalkulator.

3. Era Elektromekanik

Pada masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.

4. Era Elektronik 

Era elektronik berlangsung sejak tahun 1940 hingga kini. Beberapa temuan penting pada era elektronik adalah komputer berkecepatan tinggi pertama yang menggunakan tabung hampa yang bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrator Computer), program penyimpanan komputer pertama, komputer komersial pertama yang bernama UNIVAC, dan berbagai evolusi teknologi komputer, teknologi komunikasi satelit, dan sistem komunikasi serat optik.

Teknologi komputer dikelompokkan ke dalam beberapa kategori kronologis yang disebut dengan generasi. Generasi komputer dimaknai sebagai sebuah tahapan pencapaian dalam teknologi komputer baik hardware maupun software. Selain itu, generasi komputer juga merefleksikan pertumbuhan industri komputer. Berikut adalah evolusi komputer yang dibagi ke dalam berbagai generasi yang berbeda:

Komputer Generasi Pertama ( 1945 - 1956 )

 

Komputer generasi pertama adalah Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) yang merupakan komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum.

Komputer Generasi I memiliki ciri khas, yakni instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner masing-masing yang berbeda yang disebut “Bahasa Mesin” (Machine Language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Karakteristik komputer Generasi I :
  1. Sirkuitnya menggunakan tabung hampa. 
  2. Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data. 
  3. Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin. 
  4. Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. 
  5. Menggunakan konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage. 
  6. Menggunakan simpanan luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk. 
  7. Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang luas. 
  8. Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin. 
  9. Prosesnya kurang cepat. 
  10. Daya simpannya kecil. 
  11. Membutuhkan daya listrik yang besar. 

Komputer Generasi Kedua ( 1959 - 1964 )

 
Pada komputer generasi kedua, diciptakan berbagai alat padat berupa transistor, pita magnetik, serta inti magnetik sebagai ruang penyimpanan internal dan lain-lain oleh William Shockley, dkk.  Alat-alat ini ditempatkan dalam tabung hampa yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan mengurangi yang lainnya. Komputer generasi kedua berukuran lebih kecil dari komputer generasi pertama dan lebih murah secara produksi. Pada generasi ini diciptakan juga bahasa pemograman FORTRAN dan COBOL.

Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.

Komputer Generasi Ketiga ( 1964 - 1971 )


Pada generasi ketiga ini, para pengembang mulai meninggalkan transistor. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970an. Jack Billy pada 1958, menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu.

Sistem operasi yang sebenarnya muncul sekitar saat ini bersamaan dengan bahasa pemrograman BASIC yang canggih. Komputer generasi ketiga berukuran lebih kecil dan lebih murah.

Komputer Generasi Keempat ( 1971 - Sekarang )


Pada komputer generasi keempat, digunakan CPU atau central processing unit yang berisi sirkuit memori, logika, dan kontrol semua pada satu chip tunggal. Pada tahun 1971, perusahaan terkemuka Amerika Serikat INTEL mengembangkan chip sirkuit terintegrasi yang disebut dengan prosesor mikro. Tahun 1976, Steve Wozniak mengembangkan serangkaian komputer mikro yang dinamakan The Allple Series dan merupakan komputer yang paling modern.

Komputer Generasi Kelima ( Sekarang - ... ) 


Generasi kelima dalam sejarah evolusi komputer merupakan komputer impian masa depan. Komputer yang tidak hanya memiliki kapabilitas terbaru seperti kecepatan, akurasi, penyimpanan, kemampuan berpikir dan membuat keputusan. Komputer ini juga mempunyai ingatan yang amat besar sehingga memungkinkan penyelesaian lebih dari satu tugas dalam waktu bersamaan. Unit pemprosesan pusat juga dapat berfungsi sebagai otak manusia. Komputer generasi kelima disebut juga dengan Artificial Intelligence (AI).




Referensi:
https://syifamss.wordpress.com/2016/10/04/sejarah-perkembangan-sistem-dan-teknologi-informasi/
https://pakarkomunikasi.com/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis SWOT

Layanan Operasi dan Pegelolaan Layanan Bisnis