Program Perulangan pada Pascal

Sebelum kita membuat program dengan bahasa pascal, kita diharuskan mempunyai aplikasinya. Saya menggunakan aplikasi TurboPascal. Nah kalau sudah punya aplikasinya kita bisa mulai membuat programnya. 

Program ini merupakan salah satu dari program perulangan yang ada dalam pascal. Perulangan atau loop sendiri merupakan statement tertentu yang akan terus berulang dan berhenti saat kondisinya sudah terpenuhi. Berikut programnya:





PENJELASAN CODING

program luas; ini boleh pakai atau tidak, karna ini hanya memberi nama dari program apa yang kita buat dan tidak akan pengaruh ke program kalau tidak dipakai.  

uses crt; berhubungan dengan clrscr, ini untuk mengaktifkan fungsi dari library. Sebelum menjalankan programnya, kita harus mendeklarasikan terlebih dahulu variabel a, b dan L sebagai integer dengan statement var a, b, L: integer; dimana nilai variabel tersebut dapat berubah dan hanya bisa diinput dengan bilangan bulat. 

Lalu begin, harus digunakan setiap untuk memulai program dan layar otomatis akan bersih dari program sebelumnya dengan clrscr. Kemudian kita akan memasukkan nilai a sebagai panjang dan nilai b sebagai lebar dengan writeln, selanjutnya akan dibaca data yg diinput tadi dengan statement readln dan akan disimpan dimasing-masing di var a dan b. 



Setelah menginput dan menekan enter, layar akan dibersihkan  kembali dengan clrscr dan akan keluar outputnya. Pada statement pengulangannya saya menggunakan “repeat…until”.


repeat itu untuk mengulang pernyataan terus-menerus sampai kondisinya terpenuhi, membaca dulu pernyataannya kemudian membaca kembali rumus yg sudah ditentukan. Untuk rumusnya adalah L := ( a * b ); maksudnya untuk nilai L adalah hasil kali dari nilai a dan b. 

writeln(a:b,b:11,L:12); maksudnya saat tercetak nanti nilai dari var a akan diberi jarak 6 spasi dari kiri, var b dengan jarak 11 spasi dari var a, dan var L berjarak 12 spasi dari var b. 

Kemudian statement a := a+1 maksudnya nilai dari var a yg kita input akan terus bertambah 1 sampai kondisi terpenuhi. Dan statement b := b+2 sama halnya dengan statement untuk var a, tapi kalau yg ini nilai dari var b bertambah 2.  

Until L > 500; nah ini merupakan kondisinya, jadi program akan berenti saat nilai/hasil dari L lebih dari 500. Yang terakhir end. ini untuk mengakhiri program yang kita buat.

OUTPUT PROGRAM


Setelah kita selesai menuliskan program, pencet F9 pada keyboard untuk compile yang berfungsi untuk mengecek apakah ada error atau tidak. Apabila tidak ada error kita bisa langsung merunning dengan memencet Ctrl+F9 dan akan muncul tampilan seperti ini. Saya input untuk panjangnya 24, dan lebarnya 15.


Setelah diinput angkanya, hasil perulangannya akan seperti gambar di bawah berikut. Nilai dari panjang terus bertambah 1, dan nilai dari lebar terus bertambah 2 seperti yang sudah dijelaskan di atas. Berhenti pada perulangan keempat, karena hasil (L) perkalian pada perulangan tersebut sudah melebihi 500.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perkembangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Analisis SWOT

Layanan Operasi dan Pegelolaan Layanan Bisnis