Analisis SWOT



SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Analisis SWOT ini merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek, baik yang sedang berlangsung maupun yang akan datang atau dalam perencanaan. 

Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S. Humphrey pada tahun 1960-an dalam memimpin proyek riset di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matriks SWOT seperti di bawah ini:

Manfaat Analisis SWOT

Metode analisis SWOT merupakan alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, di mana aplikasinya adalah:
  1. Bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluan (opportunities) yang ada.
  2. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan.
  3. Bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada.
  4. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Dengan saling berhubungan empat faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan. 


Faktor yang Memengaruhi Analisis SWOT

Faktor Internal (Strength dan Weakness)

Faktor internal terdiri dari dua poin, yaitu kekuatan dan kelemahan. Dalam sebuah penelitian, keduanya akan berdampak lebih baik ketika kekuatan lebih besar dibandingkan kelemahan. Adapun bagian-bagian dari faktor internal, antara lain:
  1. Sumber daya yang dimiliki
  2. Keuangan atau finansial
  3. Kelebihan atau kelemahan internal organisasi
  4. Pengalaman-pengalaman organisasi sebelumnya (baik yang berhasil maupun yang gagal)

Faktor Eksternal (Opportunities dan Threats

Faktor eksternal merupakan faktor dari luar entitas, di mana faktor ini tidak secara langsung terlibat pada apa yang sedang diteliti dan terdiri dari dua poin yaitu ancaman dan peluang. Beberapa poin yang termasuk pada faktor eksternal, yaitu:
  1. Tren
  2. Budaya, sosial politik, ideologi, perekonomian
  3. Sumber-sumber permodalan
  4. Peraturan pemerintah
  5. Perkembangan teknologi
  6. Peristiwa-peristiwa yang terjadi
  7. Lingkungan

Contoh Analisis SWOT

Strength (Kekuatan)

  • Kami dapat merespon dengan cepat setiap permintaan elanggan tanpa harus melalui birokrasi yang panjang.
  • Kami memiliki biaya overhead yang rendah, sehingga dapat memberikan tawaran harga paling baik bagi pelanggan.
  • Kami sangat fleksibel dalam menangani setiap kasus dan permintaan pelanggan.
  • Kami memiliki reputasi yang baik pada market yang ditekuni.

Weakness (Kelemahan)

  • Staf kami masih memiliki kemampuan yang rendah dibidang-bidang tertentu.
  • Perusahaan kami memiliki keterbatasan dalam permodalan.
  • Cash flow kadang-kadang tidak lancar.
  • Lokasi kantor letaknya di tempat yang kurang strategis.

Opportunities (Peluang)

  • Sektor yang kami tekuni sedang mengalami kenaikan.
  • Pemerintah sangat mendukung perusahaan lokal seperti kami.
  • Belum ada persaingan yang ketat dalam sektor yang kami tekuni.
  • Hanya dengan modal yang rendah kami dapat memulai bisnis dengan baik.

Threats (Ancaman)

  • Perubahan strategi pesaing dapat mengancam posisi kami di bidang ini.
  • Perkembangan teknologi yang cepat di bidang ini berada di luar kemampuan kami, sehingga dapat menyebabkan kami terlambat dalam mengadopsinya.
  • Kurangnya minat perbankan dalam membiayai pendanaan untuk industri yang kami tekuni saat ini.





Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perkembangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Layanan Operasi dan Pegelolaan Layanan Bisnis