ISD Sebagai Salah Satu MKDU
I.
PENDAHULUAN
Setiap
Perguruan Tinggi (PT) diharapkan mampu menghasilkan sarjana yang memiliki
kemampuan sebagai berikut:
a.
Kemampuan akademik
b.
Kemampuan profesi
c.
Kemampuan pribadi
Dari kemampuan tersebut, diharapkan menjadi
lulusan sarjana yang pandai dan ahli dalam bidang yang ditekuninya, serta menyalurkan
keahliannya tersebut untuk kepentingan masyarakat lain terutama masyarakat
Indonesia.
Kemampuan akademik dan kemampuan
profesi telah didapat memalalui mata kuliah keahlian atau MKK. Sedangakan kemampuan
pribadi, dicapai melalui mata kuliah dasar umum (MKDU).
II.
PENGERTIAN
Sebelumnya, ilmu
pengetahuan sendiri dibagi menjadi 3 kelompok, antara lain:
a.
Ilmu-ilmu Alamiah (Natural Science),
yang meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi, dan lain-lain.
b.
Ilmu-ilmu Sosial (Social Science),
yang meliputi: Sosiologi, Politik Antropologi, Ekonomi, Sejarah, Psikologi,
Geografi, dan sebagainya.
c.
Ilmu-ilmu Budaya (Humanities), yang
meliputi: Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian, dan lain-lain.
Ilmu
sosial dasar adalah ilmu yang mengkaji berbagai masalah sosial, terutama yang
diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan teori, fakta, dan
konsep, yang bersumber dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan
ilmu sosial, seperti ekonomi, sejarah, geografi sosial, sosiologi, antropologi,
dan psikologi sosial.
III.
TUJUAN
Tujuan dari kita
mempelajari ilmu sosial dasar (ISD), yaitu:
a.
Mempelajari hubungan timbal balik
antara manusia dengan lingkungan sekitarnya.
b. Peka dan tanggap terhadap konflik sosial
serta berusaha menangani konflik-konflik tersebut.
c.
Menyadari bahwa setiap masalah yang
timbul pasti selalu ada penyelesainnya.
d.
Meningkatkan daya tanggap, penalaran,
dan persepsi mahasiswa dalam mengahadapi suatu masalah.
IV.
ILMU SOSIAL DASAR (ISD) DAN ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
A.
Persamaan ISD
dan IPS
1.
Keduanya bukan
ilmu yang berdiri sendiri.
2.
Keduanya merupakan
bahan pengajaran.
3.
Keduanya membahas
tentang sosial.
B.
Perbedaan ISD
dan IPS
1.
IPS diberikan
saat di SD, SMP, dan SMA, sedangkan ISD diberikan saat di Perguruan Tinggi.
2.
ISD difokuskan
untuk pembentukan karakter diri, sedangkan IPS difokuskan untuk pembentukan
pengetahuan dan keterampilan intelektual.
3.
ISD merupakan
mata kuliah tunggal, sedangkan IPS merupakan salah satu dari mata pelajaran
saat SD, SMP, dan SMA.
V.
RUANG LINGKUP ISD
Dalam pembelajaran Ilmu Sosial Dasar, terdapat
masalah-masalah sosial yang bisa dijadikan bahan pembelajaran. Bahan pembelajaran
ISD tersebut dapat dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu:
1. Kenyataan sosial yang
ada di dalam masyarakat yang juga merupakan masalah sosial tertentu.
2 Konsep sosial atau pengertian tentang
kenyataan sosial dibatasi oleh konsep dasar yang sangat diperlukan untuk
mempelajari masalah sosial dalam IPS.
3.
Masalah sosial yang
timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial
antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan.
Sumber
Harwantiyoko dan Neltje F. Katuuk. 1996. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Gunadarma.
Komentar
Posting Komentar