ISD Sebagai Salah Satu MKDU

I.         PENDAHULUAN
Setiap Perguruan Tinggi (PT) diharapkan mampu menghasilkan sarjana yang memiliki kemampuan sebagai berikut:
a.    Kemampuan akademik
b.    Kemampuan profesi
c.     Kemampuan pribadi
Dari kemampuan tersebut, diharapkan menjadi lulusan sarjana yang pandai dan ahli dalam bidang yang ditekuninya, serta menyalurkan keahliannya tersebut untuk kepentingan masyarakat lain terutama masyarakat Indonesia.
Kemampuan akademik dan kemampuan profesi telah didapat memalalui mata kuliah keahlian atau MKK. Sedangakan kemampuan pribadi, dicapai melalui mata kuliah dasar umum (MKDU).

II.       PENGERTIAN
Sebelumnya, ilmu pengetahuan sendiri dibagi menjadi 3 kelompok, antara lain:
a.    Ilmu-ilmu Alamiah (Natural Science), yang meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi, dan lain-lain.
b.    Ilmu-ilmu Sosial (Social Science), yang meliputi: Sosiologi, Politik Antropologi, Ekonomi, Sejarah, Psikologi, Geografi, dan sebagainya.
c.     Ilmu-ilmu Budaya (Humanities), yang meliputi: Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian, dan lain-lain.
Ilmu sosial dasar adalah ilmu yang mengkaji berbagai masalah sosial, terutama yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan teori, fakta, dan konsep, yang bersumber dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu sosial, seperti ekonomi, sejarah, geografi sosial, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.

III.     TUJUAN
Tujuan dari kita mempelajari ilmu sosial dasar (ISD), yaitu:
a.    Mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan sekitarnya.
b. Peka dan tanggap terhadap konflik sosial serta berusaha menangani konflik-konflik tersebut.
c.     Menyadari bahwa setiap masalah yang timbul pasti selalu ada penyelesainnya.
d.    Meningkatkan daya tanggap, penalaran, dan persepsi mahasiswa dalam mengahadapi suatu masalah.

IV.     ILMU SOSIAL DASAR (ISD) DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
A.    Persamaan ISD dan IPS
1.    Keduanya bukan ilmu yang berdiri sendiri.
2.    Keduanya merupakan bahan pengajaran.
3.    Keduanya membahas tentang sosial.
B.    Perbedaan ISD dan IPS
1.    IPS diberikan saat di SD, SMP, dan SMA, sedangkan ISD diberikan saat di Perguruan Tinggi.
2.    ISD difokuskan untuk pembentukan karakter diri, sedangkan IPS difokuskan untuk pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
3.    ISD merupakan mata kuliah tunggal, sedangkan IPS merupakan salah satu dari mata pelajaran saat SD, SMP, dan SMA.

V.     RUANG LINGKUP ISD
Dalam pembelajaran Ilmu Sosial Dasar, terdapat masalah-masalah sosial yang bisa dijadikan bahan pembelajaran. Bahan pembelajaran ISD tersebut dapat dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu:
1.  Kenyataan sosial yang ada di dalam masyarakat yang juga merupakan masalah sosial tertentu.
2    Konsep sosial atau pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi oleh konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah sosial dalam IPS.
3.    Masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan.

Sumber
Harwantiyoko dan Neltje F. Katuuk. 1996. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Gunadarma.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perkembangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Analisis SWOT

Layanan Operasi dan Pegelolaan Layanan Bisnis